• Hong!

    Kayu Lame, Bahan Wayang Golek yang Multiguna

    Kayu Lame adalah bahan utama dan paling populer yang digunakan untuk membuat wayang golek. Pohon ini disebut juga kayu Pulai, dan memiliki nama botani Alstonia scholaris. Lame merupakan jenis tanaman keras yang hidup di pulau Jawa dan Sumatra, dan dikenal juga dengan nama-nama lokal pule, kayu gabus, lame, lamo atau jelutung.


    Sebuah tulisan pada laman Kompasiana.com menyatakan bahwa kualitas kayu lame tidak terlalu keras dan kurang disukai untuk bahan bangunan. Hal ini disebabkan karena kayunya mudah melengkung jika lembab. Meski demikian kayu lame banyak digunakan untuk membuat perkakas rumah tangga berbahan kayu, juga dibuat ukiran serta patung.

    Pohon ini banyak digunakan untuk penghijauan karena daunnya hijau mengkilat, rimbun dan melebar ke samping sehingga memberikan kesejukan. Kulitnya dapat digunakan untuk bahan baku obat, berkhasiat untuk mengobati penyakit radang tenggorokan dan lain-lain. Di Jawa Barat kayu lame sering digunakan untuk pembuatan wayang golek.

    Kerajinan wayang golek dapat menjadi langkah melestarikan budaya bangsa, sekaligus memicu program penghijauan lingkungan, dengan tumbuhan yang sangat bermanfaat dan multiguna.

    No comments:

    Post a Comment

    Semar

    Opini

    Dasamuka